Skip to content
Plaza Informasi

Motto

"Kepuasan Pengunjung adalah Kepuasan Kami"

Maklumat

"Kami akan melayani pengunjung dengan ramah, sopan, sabar dan cepat"

Home
Selamat Datang di Plaza Informasi
Pemkab Sosialisasikan ZIS Ke SKPD Cetak E-mail
Kamis, 17 April 2014 15:52

 

Kulonprogo - Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan semangat untuk melaksanakan zakat, infaq dan sodaqoh bagi PNS di lingkungan Pemkab Kulon Progo, Pemkab bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kulon Progo menyelenggarakan sosialisasi zakat, infaq dan sodaqoh kepada seluruh SKPD dan Forkopimda. Kegiatan ini dilaksanakan di joglo rumah dinas Bupati, Kamis (17/4).

Selanjutnya...
 
KB Pria Penting untuk Meningkatkan Kepesertaan KB Cetak E-mail
Kamis, 17 April 2014 15:39

 

Kulonprogo - Kelompok KB pria Sari Mulyo di Desa Purwosari, Girimulyo yang dipimpin oleh Sudiman telah mempelopori upaya mensukseskan program KB melalui KB pria di wilayah ini. Meskipun usia kelompok ini masih muda, namun perannya dalam Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) tentang KB pria tidak perlu diragukan lagi. Kelompok ini rajin melakukan KIE baik melalui getok tular, seni dan budaya, maupun KIE secara langsung pada pasangan suami dan istri calon peserta MOP (Metode Operasi Pria). Hasilnya cukup membanggakan, dalam beberapa bulan terakhir kelompok yang sebelumnya beranggotakan 24 orang, semuanya sudah berKB secara vasektomi, pada akhir desember anggotanya telah bertambah 7 orang dan sampai dengan akhir Februari 2014 bertambah lagi 9 orang, sehingga total menjadi 40 orang.


 

Hal tersebut juga tak lepas dari upaya Suparti, meski sebagai wanita dirinya juga menjadi motivator KB Pria, dimana dirinya telah memotivasi 16 PUS sehingga suami mereka mau mengikuti KB vasektomi. Dengan demikian Suparti juga sudah merubah citra bahwa KB bukan hanya urusan wanita, tetapi juga menjadi urusan kaum pria.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo yang ditemui usai penilaian lomba kelompok dan motivator KB Pria tingkat DIY di Desa Purwosari, menjelaskan bahwa kepesertaan pria dalam KB ini sangat penting, karena kenaikan KB pria tentunya bisa mendongkrak angka kepesertaan KB secara keseluruhan.

"Selain itu juga menunjukkan kesetaraan gender sebagai wujud asas keadilan. Saat ini kaum pria sulit diajak ber-KB sedangkan kaum ibu dibebani sebagai peserta KB, masih harus mengurus rumah tangga dan anak-anak," kata dokter spesialis kandungan ini.

Bupati menambahkan, selain kedua alasan di atas, KB pria sebetulnya bisa menghilangkan resiko KB yang sering dialami peserta wanita. Misalnya kegemukan, flek di wajah, risiko jantung, dan kencing manis.

Dalam lomba ini Bupati berharap kelompok KB ini bisa menang, karena Pemkab telah berupaya membantu para motivator KB ini dengan memberikan reward satu akseptor satu kambing, dan hasilnya terbukti bisa menaikkan angka kepesertaan hingga 4 kali lipat.

Sementara itu, Kepala Sub  Bidang  Pelayanan  dan  Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berencana, Sunaryo, menjelaskan kepesertaan pria dalam KB di Kulon Progo ini sebenarnya masih sangat rendah, baru mencapai 5,34% namun dengan diadakannya lomba KB pria diharapkan dapat mendongkrak kepesertaan KB oleh pria.

"Terlebih dengan reward kambing yang diberikan kepada setiap MOP ini harapannya adalah bisa meningkatkan kepesertaan KB pria di Kulon Progo," katanya.

Badan  Pemberdayaan Masyarakat  Pemerintahan  Desa  Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten (BPMPDPKB) Kulon Progo di  2014 menargetkan 90 orang peserta MOP. Hingga saat ini sudah melayani 17 akseptor dan masih ada calon 7 akseptor lagi, bulan April ini diharapkan bisa mencapai 25 persen dari target. Apalagi dengan keberhasilan motivasi KB pria di Girimulyo diharapkan bisa menyemangati kecamatan lain.

Sebagaimana Bupati, dirinya juga berharap kelompok KB Pria di Girimulyo ini bisa mewakili DIY untuk bisa maju nasional. Karena di sini memiliki motivator wanita yang merupakan satu-satunya di Indonesia.

 

"Kita akan memberikan stimulan kepada peserta KB, diutamakan yang termasuk ekonomi lemah, agar selain dia menjadi peserta KB juga meningkatkan taraf ekonomi keluarganya," kata Sunaryo.***

 

Sumber : .kulonprogokab.go.id

 

 
Humas DIY Ajak Wartawan Lihat Potensi Perikanan DIY Cetak E-mail
Kamis, 17 April 2014 08:13

YOGYAKARTA (16/4/2014)jogjaprov.go.id.

Tingginya Konsumsi ikan lele di Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong semangat masyarakat berbudidaya lele semakin tinggi, namun belum bisa diimbangi dengan ketersediaan bibit lele yang memadai, sehingga bibit lele untuk DIY kurang lebih 2,1 milyar harus masih mendatangkan bibit lele 40 persennya dari luar daerah.

Selanjutnya...
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 1 dari 871

Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini463
mod_vvisit_counterKemarin991
mod_vvisit_counterMinggu ini463
mod_vvisit_counterMinggu kemarin6583
mod_vvisit_counterBulan ini18176
mod_vvisit_counterBulan kemarin0
mod_vvisit_counterSemua368487

Login Petugas

Login Petugas



Link Pemda




[+]
narrow screen wide screen Increase font size Decrease font size Default font size fresh color hot color natural color dark color